Kamis, 13 Agustus 2009


Ketika Panik Menyerang...
 
Banyak hal yang dapat menyebabkan kita terserang panik Mulai dari lupa membawa handphone sampai  hujan disertai petir yang mengganggu perjalanan. Ketika seseorang dilanda panik, jantungnya akan berdetak lebih cepat, susah bernafas dan muncul rasa tak nyaman pada dada. Pada sebagian orang,  rasa itu biasanya disertai pusing, mual atau gemetar.

Hindari terseret dalam situasi seperti itu, tetaplah tenang dan jangan 'terperangkap' dalam rasa panik tersebut dengan mengikuti beberapa saran berikut:
 
  • Buatlah daftar situasi yang mudah membuat Anda merasa panik. Lalu tulis juga hal apa yang membuat Anda dapat tenang kembali. Jika panik menyerang, ingatlah hal-hal positif tersebut
  • Bernafas lebih pelan dan teratur agar udara memenuhi rongga paru-paru Anda dengan maksimal. Cara ini akan membuat Anda lebih tenang.
  • Jejakkan kaki Anda ke tanah satu per satu. Rasakan hubungan antara tubuh dan bumi. Atau cobalah berbaring dengan menekukkan kaki dan tapakkan satu kaki Anda ke dinding. Setiap Anda jejakkan kaki ke dinding,  bernafaslah, lalu hembuskan nafas saat Anda mengangkat kaki dari dinding dan mengganti dengan kaki yang satu lagi. Lakukan ini 10-15 menit
  • Tetesi tubuh Anda dengan beberapa tetes minyak lavender dan hiruplah aromanya. Minyak lavender dipercaya bisa menenangkan kita. Anda bisa mencampurkannya juga dengan minyak zaitun untuk digosokkan pada tubuh.
  • Siapkan selalu kantong kertas yang sudah ditetesi minyak lavender. Jika Anda panik, cobalah bernafas lewat kantong kertas tersebut.
Panik memang selalu datang mendadak, dan akan lebih parah jika Anda sendirian. Yang jelas, persiapan sebelum panik datang akan mengurangi dampak akibat panik Semoga Anda bisa mengatasinya!

0 comments:

Poskan Komentar