Rabu, 29 Februari 2012


Bayangkan kamu ada di sebuah tempat sunyi, hutan dan kamu terus mencari jalan yang kamu tuju. Di suatu tempat kamu bertemu dengan seorang tua renta dan kamu bertanya kemana arah jalan kamu yang benar. Dia memberikan petunjuk seperti ini.
"Kamu berjalanlah kearah utara, nanti kamu akan bertemu dengan sungai yang lebar namun tidak begitu dalam. Kamu harus menyeberanginya. Tapi ambilah isi sungai itu sepuas hat
imu, batu batuan kerikil atau pasir sungai ... ambilah sesuka hatimu dan penuhi kantung dan tasmu dengan apa yang bisa kamu ambil. Tapi ingat sekali kamu berhasil menyeberanginya, kamu tidak bisa kembali lagi"
Setelah berpamitan, kamu berjalan mengikuti petunjuk orang tua tadi. Dan Benar, ada sungai lebar dihadapanmu. Lalu kamu tidak ragu untuk menyegeranginya. Antara percaya dan tidak pesan orang tua tadi, akhirnya kamu mengambil batu-batuan sungai itu, namun kamu tidak mengambilnya banyak-banyak, karena kamu pikir tidak ada gunanya dan merepotkan saja.
Kamu berhasil menyeberangi sungai itu dan hanya sedikit batu yang kamu letakan di kantung celanamu, mungkin cuma 5 atau  6 butir saja.
Setelah kamu meneruskan perjalanan, hari sudah gelap dan kamu beruntung ada semacam pos ronda yang sepi sekali. Kamu lelah dan kamu tidur disitu. Tanpa terasa tengah malam, kamu merasa terganggu karena di kantongmu ada batu-batu yang mengganjal ... kamu berusaha mengeluarkannya dengan bermalas-malasan.
Namun ketika kamu keluarkan ... Kamu terkejut, ternyata batu-batuan itu bersinar menjadi intan mutiara yang berharga. Kamu membanyangkan intan-intan ini bisa membawa hidupmu lebih baik andaikan saja lebih banyak dari yang kamu miliki ...... Lalu kamu berpikir untuk kembali ke sungai untuk mengambilnya lagi .... namun kamu teringat pesan orang tua tadi bahwa kamu tidak bisa kembali.
 
Sungai itu adalah SEKOLAH tempat kamu BELAJAR ! dan batu-batu itu adalah ... Ya Tuhan ! inikah ilmu ku yang aku dapatkan selama ini ? ...... Kamu terduduk dan berharap di perjalananmu akan ketemu orang tua itu lagi ....

2 comments: