Ebook dan latihan Toefl

Sabtu, 04 Februari 2012

7 Kesalahan Dalam Mengejar Karir


7 Kesalahan Dalam Mengejar Karir


Meski setiap tugas dari atasan berhasil dikerjakan dengan baik, tapi tanda-tanda akan mendapat promosi tak jua datang. Mungkin kesalahan tidak hanya ada di pundak Anda, tetapi juga faktor lingkungan kerja. Jika jenjang karir merupakan tujuan Anda bekerja, maka Anda perlu mewaspadai hal-hal yang bisa menjadi batu sandungan berikut:
1. Semua dimasukkan ke hati
Tidak semua orang beruntung bekerja di lingkungan yang ideal. Seringnya kita harus menghadapi rekan kerja yang malas atau bos yang cerewet. Agar "kerikil-kerikil" tersebut tidak mengganggu kinerja kita, jangan semua hal menjengkelkan dimasukkan ke hati. Tetapla
h fokus pada tujuan dan jangan biarkan hal tidak perlu mengganggu konsentrasi.
2. Kurang bertanya
Seorang reporter baru di sebuah koran ternama berbagi kiat suksesnya. "Teman-teman di kantor baru saya tidak pernah mengajari saya bagaimana menjadi wartawan yang baik. Akhirnya di kantor saya yang banyak bertanya dan mencuri ilmu dari para senior," ujarnya.
Jadi, jika Anda merasa ’sendirian’ dalam mengerjakan sebuah tugas dari atasan, jangan ragu untuk bertanya dan jangan takut untuk meminta penjelasan jika jawaban yang diberikan kurang memuaskan. Asal Anda tahu, para bos sebenarnya lebih suka diberi pertanyaan ketimbang harus mengoreksi kesalahan.
3. Jangan disembunyikan
Presentasi yang Anda lakukan mendapat apresiasi positif dari klien? Atau Anda berhasil meraih prestasi tertentu di luar pekerjaan? Jangan disembunyikan, sampaikan pada atasan agar mereka mengetahui potensi yang Anda miliki.
4. Terlalu perfeksionis
Menjadi seorang perfeksionis memang bukan sebuah dosa, namun Anda tak harus melakukannya jika sampai mengorbankan pekerjaan. Misalnya saja karena tak ingin ada kesalahan tipografi dalam proposal, Anda sampai melakukan cek berulang-ulang sehingga pekerjaan lain terbengkalai.
5. Takut negosiasi
Kesalahan umum yang sering dilakukan pekerja perempuan di dunia kerja adalah tidak berani bernegosiasi. Banyak pekerja yang merasa takut untuk mengemukakan sesuatu padahal itu demi kepentingannya sendiri. Ingin mengajukan permohonan cuti, naik jabatan, naik gaji atau mengerjakan sebuah tugas dari atasan? Jangan putus asa untuk menawar.
6. Terperangkap dalam tugas administratif
Apakah selama bertahun-tahun tugas Anda hanya berkisar pada menjawab telepon, mengatur arsip dan mencatat surat yang masuk? Jika iya, maka Anda berada jauh dari impian untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Kini tiba saatnya bagi Anda untuk mencari tantangan lebih dengan mengerjakan tugas lain yang menonjolkan skill Anda. Lakukan sekarang juga.
7. Selalu melihat ke atas
Demi meraih impian karir tentu kita harus bekerja maksimal agar si bos menilai kita dengan baik. Tapi sebaiknya jangan lupakan kolega Anda, yakni teman-teman satu tim. Jangan sampai karena ingin menyenangkan hati atasan, kita mengorbankan teman. Ada lho pekerja yang rela mengklaim sebuah projek sebagai prestasinya meski sebenarnya itu merupakan kerja keras sebuah tim.

Penulis: An

0 comments:

Posting Komentar