Ebook dan latihan Toefl

Selasa, 17 September 2013

Manfaat Donor Darah ?




Donor darah adalah aktivitas mulia yang tidak semua orang bisa melakukannya. Sebab donor darah membutuhkan syarat tertentu, seperti berat badan yang mencukupi atau kondisi tubuh yang sehat walafiat.
Jika Anda sudah memenuhi syarat untuk berdonor, sebaiknya Anda tidak perlu ragu untuk segera melakukannya. Sebab ternyata ada banyak manfaat kesehatan dari donor darah, demikian seperti yang dilansir dari Boldsky (07/01) berikut ini.

Menyeimbangkan kadar zat besiMenurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, banyak orang memiliki kadar zat besi yang berlebihan dalam tubuh. Kondisi tersebut jelas tidak sehat dan membahayakan jantung. Untuk menyeimbangkan kembali kadar zat besi, sebaiknya Anda melakukan donor darah.

Tes kesehatanSebelum melakukan donor, sejarah kesehatan seorang pendonor pasti diperiksa terlebih dahulu. Ada keuntungan di balik pemeriksaan ini, sebab Anda secara tidak langsung mendapat tes kesehatan gratis untuk mengetahui kondisi tubuh sendiri.

Menurunkan risiko kankerKeseimbangan zat besi setelah donor darah ternyata juga menurunkan risiko penyakit kanker. Khususnya kanker yang menyerang usus besar, paru-paru, hati, dan tenggorokan.

Mengontrol tekanan darahManfaat kesehatan berikutnya dari donor darah adalah mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Seperti yang telah diketahui, darah tinggi mampu memicu berbagai penyakit. Jadi untuk mengurangi risiko tersebut, alangkah baiknya jika Anda rutin melakukan donor.

Menurunkan kolesterolSel darah mengandung kolesterol, baik jahat maupun baik. Namun jika Anda adalah seseorang yang rutin mendonorkan darah, kolesterol jahat dalam darah tersebut jumlahnya akan menurun.

Membantu tubuh saat kekurangan darahTerbiasa melakukan donor juga bisa membantu tubuh ketika kekurangan darah. Sebab ketika donor, darah akan berkurang dan berusaha mengisi kekosongan. Tubuh yang terbiasa bertahan dengan kondisi tersebut pun cukup menguntungkan jika suatu saat Anda mengalami kekurangan darah akibat luka atau cedera serius.
Itulah berbagai manfaat kesehatan dari donor darah. Jadi jangan ragu lagi untuk berdonor!

[riz]

baca juga :

Antara Bisnis Darah dan Kesadaran Donor Darah



SUMBER :http://www.merdeka.com/sehat/6-manfaat-kesehatan-dari-donor-darah.html

0 comments:

Posting Komentar