ANALISIS RAGAM KEBUDAYAAN 
Bacaan I 
OMPU MONANG NAPITUPULU INGIN SEDERHANAKAN BUDAYA BATAK
|     UNSUR  |        Wujud  |   ||
|     Idiil  |        Aktivitas  |        Fisik  |   |
|     1. Bahasa  |        Kaidah berbahasa.   |        Suka berbicara ceplas-ceplos dan   keras.  |        memanggil Daniel Napitulu dengan   sebutan Ompu Monang.  |   
|     2. Sistem Teknologi   |        Modernisasi masyarakat.  |        Cara pembuatan kain ulos dengan   menggunakan mesin.  |        Mesin pembuat kain ulos.  |   
|     3. Sistem Ekonomi   |        Adat Batak Toba yang negatif.  |        Pemborosan uang saat acara   pernikahan dan pembuatan makam  |        Kain ulos dan makam keluarga.   |   
|     4. Organisasi Sosial   |        Hubungan   kekerabatan sub-etnis yang erat dalam budaya   Batak Toba sehingga terhimpun dalam satu organisasi.  |        Mengajak masyarakat Batak Toba untuk   mengusir perusahaan yang merusak lingkungan Bona Pasogit.  |        Organisasi Parbato atau Pertungkoan Batak Toba.  |   
|     5.   Sistem   Pengetahuan   |        Orang Batak merasa memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan   anaknya.  |        Menyekolahkan anak-anak mereka.  |        Orang Batak Toba tidak ada yang   banyak di Indonesia dan Orang Batak yang berprofesi sebagai dokter relatif   banyak.  |   
|     6. Kesenian   |        Kekerabatan   |        Acara perkawinan Batak Toba yang   memberikan mempelai kain ulos.  |        Pengulosan.  |   
|     7. Sistem Religi   |        |        |        |   
a.                   Integritas kebudayaan : Seminar dan usaha-usaha yang dilakukan
 oleh Parbato untuk mengatasi penyelewengan adat dan mengembalikan kebudayaan Batak yang asli.b.                  Diversitas kebudayaan : Ciri khas orang Batak yang selalu berbicara ceplas-ceplos dan berwatak keras.
Bacaan II
KEHIDUPAN SUKU DAYAK KENYAH DAN MODANG DEWASA INI INVENTARISASI SEBUAH PROSES KEMISKINAN
|     UNSUR  |        WUJUD  |   ||
|     Idiil  |        Aktivitas  |        Fisik  |   |
|     1. Bahasa   |        Kaidah Berbahasa   |        Cara berbicara yang sarat dengan   kata-kata yang bernada tinggi  |        Pantun dan cerita-cerita historis  |   
|     2. Sistem Teknologi  |        Teknologi modern  |        Menggunakan barang dari kota  |        Radio, kaset, jam tangan, sepatu,   mesin jahit.  |   
|     3. Sistem Ekonomi  |        Sistem ekonomi yang mengadaptasi   sistem masyarakat kota  |        ·           Berladang dan Bertani ·           Praktik ijon dan jual beli dengan tengkulak ·           Barter  |        Uang, pasar, perahu dagang, warung   dagang dan kebutuhan harian.  |   
|     4. Organisasi Sosial   |        Masyarakat  |        Mengunci hutan untuk daerah   perdagangan   |        Lembaga sosial desa penguasa hutan  |   
|     5.  Sistem   Pengetahuan   |        Pendidikan   |        Pendidikan  formal dan pendidikan informal yang   mengajarkan tentang kesenian.  |        Sekolah formal pemerintah.  |   
|     6.Kesenian   |        Melestarikan kesenian   |        Masyarakat sudah meninggalkan Lamin   karena sudah mempunyai rumah sendiri  |        Musik tradisional dan Lamin  |   
|     7. Sistem Religi  |        Kepercayaan tehadap nenek moyang dan   misionaris Belanda yang membawa agama kristiani  |        Memuja roh nenek moyang dan sebagian   orang Dayak ada yang berpindah agama.  |        Upacara dan tempat ibadah  |   
a.                   Integrasi kebudayaan         :Pendatang baru yang dapat menguasai arus perekonomian suku Dayak.
b.                  Diversitas kebudayaan      :Sebagian masyarakat suku Dayak yang tetap mempertahankan kepercayaannya dan tidak bersedia berpindah agama.
0 comments:
Posting Komentar