Minggu, 21 April 2013


PERKEMBANGAN BEASISWA
DI INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Berikut perkembangan pembukaan, pengumuman penerima, dan pencairan dana beasiswa sampai saat ini:

1. Rabobank
Sampai saat ini (sudah 2 tahun) Rabobank belum membuka beasiswa kembali bagi mahasiswa IPB. Dana beasiswa bagi Angkatan 46 dan 47 sudah didistribusikan kepada mahasiswa penerima.

2. Pemprov Jabar
Dana penerima sudah ada di Sisdik tinggal ditransfer ke mahasiswa, namun karena terkendala dengan legal Dinas Pendidikan Pemprov terkait MoU jadi masih belum bisa ditransferkan. Kemudian masih ada 1 mahasiswa yang belum membuka rekening Bank Jabar MOHON untuk segera membuat.

3. IPB Speak’s Out
Sudah diumumkan penerima beasiswa di tahun 2013 setelah dilakukannya seleksi wawancara 2 minggu lalu. Pengumuman ada di web kemahasiswaan.ipb.ac.id

4. Toyota Astra
Untuk dana beasiswa sudah diajukan ke keuangan IPB periode Januari-April 2013. Jika sudah cair, segera kami transfer ke rekening penerima beasiswa. Rencana juga akan diadakan kunjungan ke Toyota Astra ke perusahaan pembuatan mobil secara langsung, masih dalam pembahasan.

5. Tanoto Foundation
Calon penerima Tanoto tahun 2013 sudah sampai tahap seleksi psikotes. Selanjutnya akan diumumkan yang berhak lolos untuk mengikuti seleksi selanjutnya pada bulan Mei 2013 nanti. Untuk transfer dana beasiswa sudah dilakukan kecuali satu mahasiswa penerima yang memiliki rekening BCA. Hari ini akan ditransferkan.

6. BUMN
Sehubungan dengan dana BUMN di IPB yang telah habis dan sedang dalam proses pencairan oleh BUMN kemungkinan dana bulan Mei 2013 akan mengalami keterlambatan.

7. Bidikmisi
Info Dana Bidikmisi bulanan: Berdasarkan informasi dari Bank Mandiri KCP IPB untuk Angkatan 47 sudah dapat dilakukan penarikan uang via ATM (harus sudah aktif). Untuk Angkatan 48 diusahakan hari Sabtu sudah bisa dilakukan penarikan. Untuk Angkatan 49 yang belum menyerahkan blanko dan mengambil PIN, ATM, buku tabungan besok Jumat (19/04) segera ke Bank Mandiri KCP IPB Darmaga samping rektorat pada jam kerja, sehingga target Bank Mandiri KCP IPB Darmaga utk Angakatan 49 dapat dilakukan penarikan pada hari Rabu (24/04). Karena menggunakan Tabunganku maka penarikan hanya bisa dilakukan 1 kali dalam 1 hari dengan nominal perbulannya (Angk.47&48 = max Rp600,000; Angk.49 = max Rp500,000 (Rp100,000 diakumulasikan selama per semester untuk pembayaran asrama TPB). Bagi adik-adik Bidikmisi IPB yang mengalami kendala keuangan untuk kebutuhan sehari-hari bisa langsung ke Ditmawa Loket beasiswa ya,,,Salam semangat :) *Ditmawa IPB & PBM
Nb. Mohon selalu memantau FB Bidikmisi dan Web Kemahasiswaan ya, karena tidak selamanya informasi akan kami jarkom via SMS, jika ada yang ingin ditanyakan supaya lebih detil bisa langsung ke loket beasiswa. terimakasih

8. Sobat Bumi Pertamina
Sedang direncanakan untuk pembukaan beasiswa Sobat Bumi Pertamina di tahun 2013. Tunggu informasinya di kemahasiswaan.ipb.ac.id

9. Coca Cola Foundation
Berdasarkan informasi dari donator untuk beasiswa Coca-cola akan dibuka pada bulan Juli-Agustus 2013.

10. BIC (Bogor Internasional Club)
Terakhir kami mengirimkan proposal pada tanggal 11 Maret 2013 sebanyak 8 proposal yang akan diseleksi oleh donator. Hingga saat ini belum ada pengumuman yang lolos ke tahap wawancara.

11. Charoen Pokphand
Masih dibuka pendaftaran beasiswa sampai tanggal 24 April 2013, persyaratan dapat dilihat di web kemahaisswaan.ipb.ac.id. Segera daftarkan diri anda……!

12. Lippo Group
Penerima terakhir sebanyak 6 mahasiswa dananya sudah disalurkan. Sekarang dalam tahap seleksi kembali bagi mahasiswa pendaftar baru, segera akan diumumkan ke web kemahasiswaan.

13. Lotte Foundation
Baru saja usai Ceremony Penyerahan Beasiswa Lotte (16/04). Sampai saat ini belum ada informasi pengiriman dana beasiswa oleh donator ke Keuangan IPB. Jika sudah masuk, secepatnya akan kami distribusikan ke mahasiswa penerima via transfer.

14. PPA dan BBM
Sampai saat ini anggaran yang diajukan Kemendikbud yang mendapatkan tanda bintang oleh DPR belum juga cair, termasuk salah satunya dana beasiswa PPA dan BBM. Mohon bersabar ya,, informasi mengenai dana yang diblokir bisa dilihat di media online.

15. Antam
Berawal dari adanya musibah hilangnya dokumen beasiswa Antam oleh pihak Antam sehingga harus mengumpulkan kembali berkas berkas yang dibutuhkan termasuk membuat kembali MoU dan kesepakatan yang ditulis oleh mahasiswa. Alhamdulillah semuanya sudah dilengkapi dan sudah dikirimkan sejak awal bulan Maret 2013. Hal ini terkendala karena masih ada mahasiswa yang belum mengumpulkan perjanjian tersebut. Selain itu sampai saat ini juga terkendala di pihak Antam terkait dengan Legas MoU yang belum ditandatangani oleh pihak donator. Ini berlaku bagi penerima Angkatan 47 dan 48. Kami pantau terus dan ingatkan.

16. Mandiri Edukasi
Adanya perubahan sistem pencairan beasiswa untuk penerima beasiswa yang mengharuskan penerima membuat surat yang ditujukan kepada pihak Bank Mandiri untuk percairan dana. Semua berkas sudah kami kirimkan jauh-jauh hari namun sampai saat ini belum bisa dicairkan ke IPB.

17. Djarum
Sedang dibuka beasiswa untuk tahun 2013, lihat pengumumannya di web kemahasiswaan

18. BRI
Setelah beberapa hari lalu penerima beasiswa BRI diwajibkan untuk mengisi kembali formulir dari pihak Bank BRI sampai saat ini belum ada informasi pencairan dana dari BRI kepada mahasiswa oleh pihak BRI.

19. VDMS
Kuota beasiswa awalnya 29 mahasiswa (ada penambahan dari VDMS) namun baru saja kami mendapatkan kabar kalau kuota diubah menjadi 17 mahasiswa. Akan dilakukan seleksi berkas kembali untuk memperkecil dari 29 menjadi 17 penerima beasiswa VDMS.

20. Beasiswa Angkatan 16
Sudah ditransfer semua biaya SPP bagi 20 penerima beasiswa Angkatan 16. Hanya ada 4 mahasiswa (penerima baru) yang mendapatkan tambahan berupa living cost dan sudah ditransfer ke rekening Mandiri masing-masing. Mohon kepada 4 mahasiswa tersebut jika per bulan sudah dikirimkan (di awal bulan) segera konfirmasi kepada PJ donator beasiswa.

21. Beasiswa Inspirasi Muda
Sedang pembukaan beasiswa untuk angkatan 48 dan 49, lihat di web kemahasiswaan

22. Beasiswa IPB
Akan dibuka beasiswa IPB bagi yang tidak mampu dan IPK antara di bawah 2,5 < IPK > 1,99. Tunggu informasinya ya….

23. Bank Indonesia
Sedang direncanakan untuk pembukaan beasiswa Bank Indonesia di tahun 2013. Tunggu informasinya di kemahasiswaan.ipb.ac.id

24. Bank Permata Syariah
Sedang direncanakan untuk pembukaan beasiswa Bank Permata Syariah di bulan Oktober di tahun 2013. Tunggu informasinya di kemahasiswaan.ipb.ac.id

25. CIMB Unggulan Dikti
Menunggu informasi dan transfer dana dari Kemendikbud

26. BRI Nusantara Cerdas
Untuk dana yang dari Kemendikbud belum dapat ditransfer dikarenakan belum cair. Untuk mahasiswa penerima yang belum mengambil Buku Aktifitas Kegiatan Beasiswa BRI Nusantara Cerdas segera diambil di loket beasiswa.

27. Bakti BCA
MoU sudah dikirimkan kembali ke BCA pusat untuk ditandatangani oleh BCA pusat sehingga dana belum dapat ditransfer. Rencana dana yang akan ditransfer adalah SPP untuk semester genap dan ganjil (Tahun akademik 2012/2013 dan 2013/2014) dan uang bulanan terhitung Agustus 2012 sampai Maret 2013.

Bagi mahasiswa yang dana beasiswanya masih belum cair mohon kesabarannya kami akan berusaha sebaik mungkin untuk selalu mengingatkan kepada donator. Bagi mahasiswa yang belum jelas bias ke loket beasiswa. Sekaligus mohon doanya supaya baik donator maupun kami dapat memberikan yang terbaik kepada mahasiswa penerima beasiswa, terimakasih. SALAM SEMANGAT

Thanks and love

0 comments:

Poskan Komentar