Senin, 13 Juni 2011


Bacaan I

“ DRUG TRAFFICKER ” DARI CIANJUR
Oleh : Irfan Budiman, Rian Suryalibrata, dan Upik Supriyatun


Ikhtisar Bacaan


Merika Flanola yang akrab dipanggil Ola tetap cerah meski telah divonis mati oleh Majelis Hakim pimpinan Asep Iwan Irlawan di Pengadilan Negeri Tanggerang. Ola terlihat lebih tegar dibandingkan dengan sepupunya Rani Andriyani. Sambil menunggu putusan banding k
edua wanita tersebut menghabiskan hari-harinya dengan beribadah dan berkebun di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tanggerang. Jalan hidup Ola memang sangat berliku. Setamat SMA DI Cianjur, Jawa Barat, Ola merantau ke Jakarta dan menjadi disc jocker. Dari pekerjaan itu ia memperoleh anak dari seorang laki-laki. Anak itu bernama Eka Prawira. Dengan alasan untuk menghidupi anaknya ia tetap bekerja sebagai disc jocker.
Pada Oktober 1997, Ola bertemu seorang pria di apartemennya. Pria itu bernama Tajudin alias Tony, ia mengaku berbisnis pakaian jadi dari Nigeria. Sebulan kemudian mereka berpacaran dan mengontrak satu rumah di kawasan Kebon Sirih. Tak lama kemudian Ola hamil dan akhirnya mereka menikah di kampong halaman Ola, Cianjur. Orang yang ia kenal tanpa sengaja itu awalnya sangat baik kepada Ola dan Keluarganya.
Ternyata kebaikan Tony kepada Ola hanya kedok semata. Watak asli Tony yang ringan tangan pun terlihat. Ia sering menyiksa Ola. Dan yang paling parahnya lagi Tony pernah memukuli Ola hingga Ola harus di rawat di rumah sakit. Walaupun Ola sering dipukuli oleh Tony, dia tetap mencintai suaminya dan selalu meminta maaf kepada Tony apabila Tony hendak melayangkan tangannya kepada Ola. Menurut Ola, Tony mempunyai magic yang bisa membuatnya takut dan mengalah.
Beberapa lama kemudian, Ola pun mengetahui semua kebohongan Tony. Ternyata Tony tidak hanya berbisnis pakaian jadi, tapi ia juga berbisnis narkotika. Menjelang kelahiran anak pertamanya, Tony meninggalkan bisnis pakaian jadi dan  kembali berbisnis narkotik. Tony mengajak Ola untuk ikut andil dalam bisnis itu. Ola pun tak bisa menolak karena takut dipukuli oleh Tony. Dalam bisnis ini Ola tidak mendapatkan sepeserpun dari Tony. Apabila dapat, uang itu habis untuk biaya rumah sakit. Setelah beberapa lama Ola menjadi kurir, ia akhirnya naik pangkat menjadi drug trafficker.
Bukan hanya Ola yang terjerat dengan Tony. Namun kedua sepupunya yaitu Rani dan Deni pun ikut terjerat. Mereka ikut terjerat karena mempunyai hutang dengan Tony. Awalnya mereka berdua tidak mengetahui bahwa yang mereka jalani adalah bisnis haram. Bahkan Deni sampai menjalankan bisnis itut ke internasional. Akan tetapi apa saat mereka sadar bahwa yang mereka jalani adalah bisnis narkotik,mereke pun tak kuasa untuk mengelak karena Tony mengancam akan memukuli Ola.
Jaringan narkotik Tony yang rapi dan selalu lolos dari polisi akhirnya tercium juga oleh petugas kepolisian. Pada tanggal 12 Januari 2003, petualangan mereka harus berakhir ketika Ola dan kedua sepupunya beraksi di Bandara Soekarno-Hatta. Polisi berhasil menemukan 3,5 kilogram heroin dan 3 kilogram kokain dalam tas Deni. Sedangkan Ola tertangkap di lapangan parkir bandara. Lalu Tony tewas dalam baku tembak polisi pada saat penyergapan. Polisi mengetahui keberadaan Tony dari keterang Ola.
Menurut Kepala Direktorat Reserse Metro Jaya, senior Superintenden Alex Bambang Riatmodjo, yang kini menjadi Kepala Kepolisian Wilayah Kota Bandung, Ola termasuk pemain sandiwara yang handal. Alex mengatakan bahwa Ola sangat professional dalam menjalankan tugasnya. Dia pintar berbohong, berperilaku manis dan lemah lembut. Alex mengaku dirinya tidak percaya bahwa Ola melakukan pekerjaan ini dengan terpaksa, karena kalau terpaksa tidak akan sampai keterusan. Menurut penyelidikan polisi, pekerjaan itu telah digeluti oleh Ola sebelum dia bertemu dengan Tony. Dan dugaan tersebut diperkuat dengan jaksa Mursidi dan hakim Asep.

Analisis Bacaan

1. Identifikasi Konsep Dasar Sosiologi
KONSEP DASAR
TEORI
DALAM BACAAN
A. Struktur Sosial
Struktur Sosial adalah pola-pola hubungan social, posisi-posisi social dan jumlah penduduk menurut kategori social tertentu. 
Pernikahan Tajudin alias Tony denga Ola. Sehingga adanya status dan peran yaitu Tony sebagai suami dan Ola sebagai Istri.
B. Tindakan Sosial
Tindakan Sosial adalah bagaimana individu dan grup social mencoba membuat kehidupan sosialnya menjadi yang ia harapkan.
Ola yang bekerja sebagai disc joker untuk menghidupi anaknya.
C. Integrasi Fungsional
Integrasi Fungsional adalah kesaling tergantungan diantara unsur-unsur dari suatu sistem social.
Ketergantungan hidup Ola kepada Tony yang bekerja sebagai drug trafficker.
D. Kekuasaan
Kekuasaan adalah kemampuan suatu actor social untuk mempengaruhi pihak lain untuk melaksanakan keinginannya atau menjamin perolehan manfaat dari tindakan pihak lain.
Saat Tony memukuli Ola menunjukkan bahwa ia berkuasa penuh pada diri Ola.





E. Kebudayaan
Kebudayaan adalah bahasa, norma-norma, nilai-nilai, kepercayaan, pengetahuan, dan simbol-simbol yang membangun suatu cara hidup.
Ola yang hamil di luar nikah sebanyak dua kali. 
2. Aras Analisi Sosiologi
ARAS ANALISIS
TEORI
DALAM BACAAN
A. Aras Masyarakat
Aras Masyarakat adalah mengkaji suatu organisasi social terbesar yaitu masyarakat
Dalam bacaan ini tidak ditemukan aras masyarakat.
B. Aras Organisasi Sosial
Aras Organisasi Sosial adalah studi semua organisasi social mulai dari yang terbesar (masyarakat) sampai yang terkecil (kelompok duaan atau dyad).
Dalam bacaan ini tidak ditemukan aras organisasi social.
C. Aras Institusi
Aras Institusi adalah studi terpumpun pada pola-pola keluarga, sekolah, pemerintahan, militer, pengadilan, agama, dan ekonomi.
Jaringan narkotik Tony yang sampai internesional.
D. Aras Mikro
Aras mikro adalah interaksi tatap muka, yaitu bagaimana tindakan individual dalam hubungan dengan individu lainnya dalam kehidupan sehari-hari.
Hubungan antara Ola dengan Tony, Ola dengan kedua sepupunya.
E. Aras Masalah Sosial
Aras Masalah Sosial adalah studi masalah-masalah social dalam masyarakat.
Masalah Ola yang bekerja sebagai disc joker dan sebagai drug trafficker menggambarkan bahwa ia mempunyai masalah ekonomi (kemiskinan) dan tidak adanya keharmonisan dalam rumah tangga Ola dan Tony (perpecahan keluarga).

3. Pendekatan Analisis Fakta Sosial
PENDEKATAN ANALISIS FAKTA SOSIAL
TEORI
DALAM BACAAN
A. Pendekatan Objektif
§  Fakta Sosial sebagai kumpulan
§  Tindakan social individual yang dapat diukur dan dinyatakan sebagai suatu angka.
§  Suatu fakta social dijelaskan dalam kaitan dengan fakta social lainnya
§  Metode kuantitatif
Tanggapan Alex terhadap Ola, ia mengatakan bahwa Ola termasuk pemain sandiwara yang handal. Dan Ola juga sangat professional dalam menjalankan tugasnya. Dia pintar berbohong, berperilaku manis, dan lemah lembut.
B. Pendekatan Subyektif
§  Fakta social tidak diluar tetapi melekat pada diri individu
§  Fakta social dipahami menurut motif-motif subyektif pelaku tindakan social
§  Metode Kualitatif
Tanggapan Ola bahwa ia melakukan pekerjaan sebagai drug trafficker karena dipaksa oleh Tony dan menurutnya Tony mempunyai magic sehingga ia bisa takut dan mengalah.


1 comments: