Ebook dan latihan Toefl

Senin, 13 Juni 2011

“ Drug Trafficker “ dari Cianjur


“ Drug Trafficker “ dari Cianjur
Oleh : Irfan Budiman, Rian Suryalibrata, dan Upik
Ikhtisar Bacaan
            Merika Franola alias Ola tetap cerah dan tegar meski sudah divonis mati oleh majelis hakim pimpinan Asep Irawan di Pengadilan Negeri Tangerang. Sebaliknya, sepupu Ola, Rani Andriani merasa sulit melupakan vonis mati tersebut. Jalan hidup Ola sangatlah berliku. Setamat SMA di Cianjur, Jawa Barat, Ola merantau ke Jakarta dan menjadi disc jocker. Dari pekerjaan itu, ia memperoleh seorang anak akibat hubungan intim. Anaknya ia beri nama Eka Prawira. Dengan alasan menghidupi anaknya, ia tetap bekerja sebagai disc jocker.
            Pada Oktober 1997, Ola bertemu dengan Tajudin, pria asal Nigeria, di apartemennya.Tajudin alias Tonny mengaku berbisnis pakaian jadi. Sebul
an sejak pertemuan itu, mereka berpacaran dan mengontrak satu rumah di kawasan Kebonsirih, Jakarta Pusat. Tak lama kemudian Ola hamil dan akhirnya mereka menikah. Pada awal perkawinannya, mereka bahagia. Tetapi kebahagiaan mereka hanya sekejap karena sifat asli Tony yang kasar sudah terlihat. Bahkan Ola sempat masuk rumah sakit. Walaupun begitu, Ola tetap mencintai Tony. Karena menurut Ola, Tony mempunyai semacam magic yang dapat membuatnya takut dan selalu mengalah. Ola merasa senang jika Tony sering tidak ada di rumah. Kepergian Tony yang sering, ternyata membuat Ola menjadi tahu bagaimana sosok Tony yang sebenarnya yaitu sebagai pengedar narkotika. Bisnis itu dimulai lagi oleh Tony sejak kelahiran anak pertama mereka. Tonypun mengajak serta Ola. Ola tidak dapat menolak karena ia takut kepada Tony. Ia sering mengantar pesanan ke Jakarta. Tapi tak seperpun ia mendapat upah dari Tony. Kalaupun mendapat upah, uang itu habis untuk biaya pengobatan Ola akibat siksaan Tony.
            Ola mengaku terpaksa berbisnis narkotika. Tetapi disisi lain,posisi Ola semakin meningkat, dia tak lagi menjadi kurir tetapi sebagai pengatur lalu lintas narkotika jenis heroin dan kokain. Ola pun memiliki banyak nama samaran. Penghasilan Ola sebesar US$ 200 dari potongan upah kurir yang mencapai US$ 3.000 untuk setiap kali mengirim kurir ke luar negeri. Pada akhir 1999, Ola pergi ke Eropa dan Argentina untuk mencari jalur pengiriman narkotika yang aman. Kehidupan Ola dan Tonypun semakin meningkat. Kerabat Ola, Rani dan Deni, yang kesulitan meminta bantuan ke Ola. Rani meminjam uang untuk melunasi utangnya di bank. Sedangkan Deni terlanjur dipinjami uang oleh Tony. Dan akhirnya, keduanya ikut dalam bisnis narkotik yaitu sebagai kurir. Awalnya mereka berdua tidak mengetahui bahwa yang mereka jalani adalah bisnis haram. Bahkan keduanya sampai menjalankan bisnis itu ke luar negeri. Tetapi pada saat mereka sadar, mereka tidak mampu mengelak karena Tony mengancam akan memukuli Ola.
            Tertangkapnya Ola dan kedua sepupunya, hanya mengungkap sebagian kecil kiprah Tony. Tony merupakan koordinator bagi sebagian warga Nigeria yang menjadi pengedar narkotik di Indonesia. Jaringan narkotik Tony yang rapi dan selalu lolos, akhirnya tercium juga oleh petugas kepolisian. Pada tanggal 12 Januari 2003, petualangan mereka harus berakhir ketika Ola dan kedua sepupunya beraksi di Bandara Soekarno-Hatta. Polisi menemukan 3,5 kilogram heroin dalam tas Rani dan 3 kilogram kokain dalam tas Deni. Sedangkan Ola dibekuk di tempat parkir. Polisi juga menemukan barang bukti di rumah Ola. Pada hari yang sama, Tony dan keempat temannya tewas pada saat penyergapan di rumahnya. Informasi tentang keberadaan Tony didapatkan dari keterangan Ola.
            Menurut Alex Bambang, yang memimpin operasi penangkapan,Ola termasuk pemain sandiwara yang handal. Alex mengatakan Ola sangat profesional dalam menjalankan tugasnya. Dia pintar berbohong, berperilaku manis, dan lemah lembut. Alex tidak percaya kalau Ola terpaksa menjalani bisnis ini. Karena menurutnya, kalau terpaksa tidak akan sampai keterusan. Menurut penyelidikan polisi, pekerjaan itu telah digeluti oleh ola sebelum dia bertemu dengan Tony. Dan dugaan ini diperkuat oleh jaksa Mursidi dan hakim Asep.
Analisis Realitas Sosial
I.                   Identifikasi Konsep Dasar Sosiologi

Konsep Dasar
Dalam Bacaan
A.     Struktur Sosial
Pernikahan Tajudin alias Tony dengan Ola. Sehingga adanya status dan peran yaitu Tony sebagai suami dan Ola sebagai istri.
B.     Tindakan Sosial

§  Tindakan rasional instrumental




§  Toni menolong kedua sepupu Ola, Rani dan Deni, dengan tujuan agar mereka ikut dalam bisnis narkotik.
§  Ola bekerja sebagai disc jocker dengan tujuan untuk menghidupi anaknya, Eka Prawira
§  Tindakan rasional beriorientasi nilai
§  Ola bekerja sebagai disc joker untuk mendapatkan penghasilan
§  Kehidupan Ola dan Tony yang semakin meningkat karena bisnis narkotik
§  Tindakan tradisional
Pada bacaan ini menjelaskan tentang tindakan yang bertentangan dengan tindakan tradisional yaitu Ola melakukan hubungan intim dengan seorang pria dan tinggal bersama dengan Tony sebelum mereka menikah. Akibatnya, Ola memperoleh dua orang anak dari hubungan tersebut. Dan ini berarti bertentangan dengan norma yang berlaku  dalam masyarakat.
§  Tindakan afektif
Keinginan Ola untuk membantu kedua sepupunya yang terlilit utang.

C.     Integrasi Fungsional
Ketergantungan Ola kepada Tony yang bekerja sebagai drug trafficker
D.    Kekuasaan
Keputusan majelis hakim Pengadilan Negeri Tanggerang yang memvonis mati Ola dan kedua sepupunya
E.     Kebudayaan
Seperti yang telah dijelaskan pada tindakan tradisional, karena Ola telah melakukan tindakan yang bertentangan dengan tindakan tradisional maka ia juga bertentangan dengan kebudayaan. Melakukan hubungan intim sebelum menikah dan mempunyai anak dari hasil hubungan tersebut merupakan hal yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat.

II.                Pendekatan Anaslisis Fakta Sosial

Pendekatan Analisis Fakta Sosial
Dalam Bacaan
A.     Pendekatan Objektif
Tanggapan  Alex terhadap Ola, menurutnya Ola termasuk pemain sandiwara yang handal dan Ola juga sangat profesinal dalam menjalankan tugasnya. Dia pintar berbohong, berperilaku manis, dan lemah lembut.
B.     Pendekatan Subyektif
·         Tanggapan Ola bahwa ia mengaku melakukan pekerjaan sebagai drug trafficker karena diajak oleh Tony dan menurutnya Tony mempunyai magic sehingga ia bisa takut dan mengalah
·         Rani merasa kecewa terhadap putusan pengadilan yang memvonis mati dirinya karena ia merasa hanya bertugas sebagai kurir


1 comments: