Minggu, 08 Juli 2012

Rokok : Loe – Gue , END !!!
Warung depan sebrang Berlin
            Dalam dunia industri rokok terdapat CSR ( Corporate social responsibility ), yaitu kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan. CSR ini dilaksanakan guna untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan akibat kegiatan industrinya. Upaya untuk membangun reputasi perusahaan rokok dilakukan melalui kegiatan CSR. Kegiatan CSR yang didanai perusahaan rokok adalah seperti kegiatan tang terkait bidang pendidikan, misalnya pemberian beasiswa, bantuan bagi sekolah, dan pembangunan gedung.

            Jalal dari Lingkar Studi CSR mengatakan, pengertian CSR di Indonesia salah kaprah. CSR dianggap sekedar membagi-bagikan uang untuk membiayai beragam kegiatan atau membantu lembaga yang kesulitan dana. Didukung iklan, promosi, dan kegiatan menjadi sponsor atau IPS yang gencar, perusahaan rokok berlomba menggarap Indonesia menjadi pasar rokok terbesar di dunia. Di kawasan permukiman padat di Angke, Jakarta Utara, mobil boks besar disulap menjadi panggung pertunjukan musik hidup. Panggung bergerak milik produsen rokok dalam negeri ini menyajikan pentas keliling ke permukiman, pasar tradisional, dan pusat keramaian tiap akhir pekan.
            “Bagi industri rokok, anak-anak dan remaja vital untuk kelanggengan bisnis. Mereka ditarget untuk menjadi perokok pemula, menggantikan perokok lama yang berhenti merokok atau meninggal karena penyakit akibat rokok,” kata Lisda Sundari, Manajer Program Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Rabu (30/5).Kompas.



            Nah, saya menemukan pengumuman lowongan kerja yang cukup menarik di sebuah bak truk. Judul pengumumannya “LOWONGAN KERJA : TIDAK MEROKOK”. Boleh jadi kedepan akan semakin banyak perusahaan yang tidak menerima perokok sebaga i pegawai. Hal ini perlu dikampanyekan, sehingga akan semakin sedikit generasi muda kita ke depan yang mengalami  kecanduan rokok. Caranya dengan menanamkan persepsi bahwa merokok itu tidak sehat, tidak diterima kerja, dan efek buruk lainnya. Hal tersebut untuk membalik persepsi di kalangan remaja berfikir kalau merokok itu keren, jantan dan dewasa.

0 comments:

Poskan Komentar