Selasa, 02 April 2013

Dalam rangka menyambut Angkatan ke-50 IPB, BEM KM dengan kementerian PSDM memiliki program kerja yang bernama MPKMB, singkatan dari Masa Perkenalan Mahasiswa Baru. Acara ini adalah acara yang rutin dilaksanakan sekali setiap tahunnya dalam rangka menyambut dan memperkenalkan mahasiswa baru IPB ke lingkungan kampus Institut Pertanian Bogor.
Untuk berjalannya acara ini, diperlukan suatu kepanitiaan khusus dengan skala yang besar. Sebagai langkah awal pembentukan panitia tersebut, dan dalam rangka meningkatkan partisipasi mahasiswa, dibukalah Open Recruitment Calon Ketua MPKMB angkatan 50. OR dibuka selama satu minggu dari tanggal 22 s.d. 26 April 2013.
Setelah penerimaan berkas dan deadline pada tanggal 26 April, diperoleh 6 (enam) calon ketua MPKMB 50. Keenam calon tersebut adalah Fajar, Fahmi, Fauzan, Tagor, Rizal, dan Damar. Keenam-enamnya adalah mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama angkatan 49. Para calon ketua dikumpulkan pada hari Sabtu tanggal 27 April 2013 untuk diberi pengarahan singkat, serta pemberitahuan rangkaian seleksi yang segera dimulai.
.

April 28, 2013

Pada hari ini, telah dilaksanakan seleksi fisik calon ketua MPKMB 50 dari pkl 06.00-07.45 di depan Student Center. Calon ketuanya ada 6, tapi yang datang cuma 5. Satu calon ketua, Damar, tidak hadir karena sakit. Seleksi berjalan dengan lancar, lari keliling kampus satu kali, kemudian push-up, sit-up, back-up, dan jumping jack sebanyak-banyaknya dengan masing-masing sela
ma 1 menit. Setelah itu, diikuti dengan kegiatan tes PBB dan sharing-sharing.
.

April 29, 2013

Malam ini, telah dilaksanakan seleksi calon ketua MPKMB 50. Kegiatan berlangsung di sekretariat BEM KM dari pkl 07.15 s.d. 08.55. Peserta yang hadir ada 6 dari 6 calon ketua, yaitu Damar, Fahmi, Rizal, Fauzan, Tagor, dan Fajar.
Seleksi malam ini berupa Focus Group Discussion, yaitu para calon dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 3 orang. Kemudian, tiap kelompok diberikan sebuah video untuk ditonton kemudian didiskusikan secara objektif dalam kelompok. Penilaian dilakukan berdasarkan enam kriteria yaitu Coaching, Problem Solving, Decision Making, Impact, Initiating, serta Planning and Organizing.
Kegiatan berlangsung dengan lancar meski ada sedikit keterlambatan dari yang seharusnya dimulai pkl 07.00 menjadi pkl 07.15. Selain itu, tidak ada kendala lainnya.
.

April 30, 2013

Malam ini, telah dilaksanakan seleksi calon ketua MPKMB 50. Kegiatan berlangsung di Student Center dari pkl 07.50 s.d. 09.55, dengan keenam peserta hadir seluruhnya.
Seleksi malam ini adalah seleksi wawancara. Teknisnya dibagi ke dalam enam pos, dengan enam pewawancara, masing-masing memegang topik pertanyaan yang berbeda-beda. Penilaian dilakukan secara kualitatif berdasarkan subjektivitas pewawancara, dengan berpegangan pada poin-poin topik yang telah ditentukan.
Kegiatan berlangsung dengan lancar, namun kurangnya koordinasi sebelum kegiatan mengakibatkan beberapa masalah. Beberapa masalah tersebut antara lain:
  1. Kurangnya koordinasi dari tim formatur sendiri mengakibatkan pewawancara belum siap dan belum ditentukan, sehingga kurang personil. Akibatnya, personil pewawancara diambil dengan cabutan. Untungnya, sebagian besar masih anggota BEM KM (1 orang DPM KM), dan seluruhnya memiliki kemampuan dalam tes wawancara seperti ini.
  2. Kurangnya koordinasi dalam teknis wawancara mengakibatkan teknis yang kurang tepat untuk digunakan malah dipakai, sehingga terjadi pemoloran waktu yang agak banyak (harusnya sudah bisa selesai pkl 20.30, malah menjadi pkl 20.55, itu pun sudah diburu banget).
Selain itu, diperkirakan tidak ada kendala lainnya.
.

Rabu, 1 Mei 2013

Agenda: rekapitulasi nilai dan hasil seleksi. Para pewawancara akan dikumpulkan dan diminta menyampaikan nilai-nilai yang mereka tuliskan. Kemudian akan didiskusikan, dan diambil kesimpulannya. Berdasarkan rencana, akan dipilih dari 6 besar menjadi 3 besar calon ketua.
.

Kamis, 2 Mei 2013

Telah diputuskan tiga besar calon ketua MPKMB. Mereka adalah Fajar, Rizal, dan Fauzan. Pemilihan tiga besar ini dilakukan dengan merekapitulasi hasil seleksi fisik, FGD, dan wawancara yang telah dilakukan.
Seleksi tahap akhir akan dilakukan pada hari tanggal 6 Mei 2013. Juri dan penilai dari tim BEM KM.
.

Sabtu, 4 mei 2013

Pukul 13.45 WIB bertempat di Ruang Sidang SC telah berlangsung seleksi tahap akhir ketua MPKMB. pada awalnya, kegiatan ini direncanakan dimulai pukul 13.00 namun ditunda karena menunggu salah satu calon ketua yg belum hadir.
Pada seleksi tahap akhir ini, ketiga calon diminta mempresentasikan grand design mereka tentang konsep MPKMB 50. adapun jurinya terdiri dari jajaran pimpinan BEM KM, yang terdiri atas Presma, Wapresma, serta beberapa menteri dan sekretaris menteri. Kami dari DPM KM juga hadir di dalam ruangan, namun tidak menjadi bagian dari juri.
Teknisnya sebagai berikut: Pertama, calon ketua mempresentasikan grand design yang mereka bawa dengan bantuan PowerPoint di hadapan para juri sementara peserta lain menunggu di luar ruangan. Waktu presentasi adalah maksimal 15 menit. Kedua, para juri mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait materi yg dipresentasikan. Jawaban dari calon ketua dicatat dan dinilai dalam form milik juri yang terdiri atas beberapa poin-poin penilaian.
Urutan peserta :
  1. Fajar
  2. Rizal
  3. Fauzan
Setelah ketiga calon melakukan presentasi, para juri berdiskusi untuk menentukan siapa yang menjadi ketua. Pertimbangan dalam memilih adalah presentasi yang para calon ketua bawa, performance mereka, dan nilai yang telah diisi dalam form penilaian milik masing-masing juri.
.

Hasil

Berdasarkan hasil penilaian juri, yang terpilih menjadi Ketua Panitia MPKMB 50 adalah Rizal Arif.
Dengan demikian, rangkaian seleksi calon ketua MPKMB 50 telah selesai. Berikutnya, akan ada lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan rangkaian yang harus dilakukan dalam rangka melaksanakan MPKMB 50. Besar harapan kami, ketua MPKMB yang baru terpilih, saudara Rizal, dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya.
Sekali lagi, selamat untuk saudara Rizal. Mari kita dukung bersama, sukseskan bersama kegiatan MPKMB 50 ini. Sambut generasi emas angkatan 50 di IPB dengan gemerlap nan cemerlang!

-HIDUP MAHASISWA!

SUMBER :http://dpmkm.lk.ipb.ac.id/2013/05/06/report-pengawasan-seleksi-calon-ketua-mpkmb-50/

0 comments:

Poskan Komentar