Kamis, 01 Maret 2012


Sukses dan Kualitas Manusia

Dalam strategi perang Sun Tzu dinyatakan, ada tiga faktor kesuksesan, yang dalam bahasa aslinya berbunyi tien she ti li ren ho. Faktor pertama, tien she bisa diartikan langit, cuaca, musim, kesempatan, timing. Dan faktor kesempatan sudah pernah saya bahas sebelumnya. Kedua, faktor tie lie, artinya geografis, medan, jarak. Dan ketiga, faktor ren
ho, artinya hubungan antar manusia dan kualitas manusianya.

Lanjutan dari ketiga faktor tadi, sebagai pelengkap dinyatakan: tien she puk ru tie li, tie li puk ru ren ho, yang artinya bahwa faktor manusialah yang paling penting dibandingkan dengan dua faktor lainnya, yaitu faktor langit dan geografi. Maka hari ini saya akan membahas tentang faktor kualitas manusia dalam kesempatan kali ini.

Di dalam dunia bisnis terdapat berbagai unsur cakupan, yaitu modal, mesin, teknologi, manajemen, sumber daya manusia, dan market. Di antara unsur tadi, pasti unsur manusialah yang terpenting. Manusia yang mengadakan modal, menjalankan mesin, melakukan pembelajaran tehnologi, membentuk market, memimpin dan yang di pimpin. Bisnis apa pun, dimulai dari sebuah perencanaan, pelaksanaan rencana sampai kontrol, adalah manusia yang menjalankannya.

Jadi, bisa diartikan bahwa kemunduran dan kemajuan sebuah perusahaan, organisasi maupun negara, semua tergantung dari sikap kualitas manusia yang mengelolanya. Semakin baik kualitas sumber daya manusia dan semakin banyak SDM berkualitas yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau negara, maka perusahaan atau negara tersebut pasti akan mengalami pertumbuhan yang mantap.

Bagi orang-orang sukses, baik sukses sebagai wirausahawan maupun profesional, mereka pasti memiliki karakteristik-karakteristik yang spesifik, seperti sikap mental yang positif, leadership yang handal, pandai bergaul , disiplin, tanggung jawab, menyukai kerja keras dan tantangan, dan tidak pernah berhenti untuk belajar.

Demikian pula dengan kita. Sesungguhnya kita memiliki potensi untuk menjadi manusia yang berkualitas. Mari kita kembangkan potensi positif yang ada di dalam diri kita masing-masing, guna mengisi tugas kita di kehidupan ini dengan lebih berkualitas dan lebih sukses!

0 comments:

Poskan Komentar