Jumat, 11 Mei 2012

Ini merupakan sebuah renungan bisa kita tindak lanjuti untuk masa depan. Jagung,…… tanaman ini sangat kita kenal baik. Pop corn, jagung bakar, jagung rebus, spageti dan berbagai macam makanan menggunakan bahan ini. Dengan mudah kita bisa mencarinya di pasar, pasar swalayan, mini market bahkan Mega Mall. Bagi kita yang memiliki penghasilan cukup ke atas mencari bahan ini sangatlah mudah.
  
Kebun jagung cikarawang



Kemudahan kita mencari bahan ini mungkin yang membuat kita menyepelekan tanaman penuh karbohidrat ini. Mungkin sebagai masyarakat Indonesia Beras lebih terlihat pokok di bandingkan Jagung, namun apa kita bisa menikmati hidup ini dengan nyaman. Fungsi utama penanaman jagung bukanlah untuk makanan kita. Jagung merupakan sumber pakan ternak yang dinilai utama. tanpa jagung produksi daging akan turun drastis. Sehingga tanpa adanya Jagung diantara kita kita tidak akan pernah merasakan daging yang lezat serta berbagai macam makanan olahan jagung yang lezat diatas.

Disini saya tidak akan menceritakan lebih mengenai kegunaan jagung. Pemanfaatan jagung yang besar justru dapat berdampak negatif. Hal ini yang perlu kita waspadai saat ini. Jagung merupakan tanaman yang mampu mempercepat kerusakan tanah. Penanaman jagung pada areal pertanian menyebabkan dibutuhkannya lahan yang semakin luas. Hutan hutan pun menjadi sasaran untuk penanaman jagung. Jagung bukanlah tanaman yang mudah kita tanam. Tanpa adanya pengelolaan yang baik tanaman ini hanya menjadi ruput biasa. Penggundulan hutan yang menjadi jadi mengurangi ruang hijau kita.

Menyadari hal tersebut, kita tidak mungkin lepas tangan. Kebutuhan kita pangan melawan masa depan bumi menjadi tatangan bagi kita. Siapa yang punya solusi untuk hal ini akan menjadi penyelamat dunia baik dari kekurangan O2 maupun kekurangan makan.

by: Fuad N A

0 comments:

Poskan Komentar